Thursday, May 16, 2013

Tips Cara Mengetahui Ciri-ciri dan Solusi Kerusakan Pada Laptop


Tips Cara Mengetahui Ciri-ciri dan Solusi Kerusakan Pada Laptop - Laptop?? siapa yang tidak kenal dengan nama ini. Laptop atau notebook adalah sebuah komputer kecil yang dapat dibawa-bawa kemana kita berada dan dapat dipergunakan dimana saja saat diperlukan. Untuk sekarang ini laptop bukan merupakan barang mewah karena siapapun dapat dengan mudah memilikiya, karena untuk sekarang ini laptop merupakan barang yang sudah murah dan menjadi kebutuhan pokok untuk kita semua ini.
Dalam tutorial singkat ini IT Newbie akan membahas Tips Cara Mengetahui Ciri-ciri dan Solusi Kerusakan Pada Laptop yang terkadang untuk orang yang awam dan yang belum mengetahui ciri-ciri dari kerusakan pada laptop. Mungkin tutorial ini sangat bermanfaat bagi anda semua. Silakan membaca sampai habis ya.
Berikut ini Ciri-cirinya :

Ciri Kerusakan Memory Laptop / Notebook :
Pada saat dihidupkan tidak tampak tampilan sama sekali, blue screen pada saat mulai loading Operating System. Bisa juga keluar suara beep berulang-ulang.

Ciri Kerusakan Motherboard / IC regulator Laptop / Notebook :
Dihidupkan agak sulit, batere tidak mau discharge, Mati Total. Indikator charger nyala, setelah dicarge lampu indikator pada charger mati (konslet). Jadi terjadi arus balik pada powernya. Kerusakan ini sering terjadi. 

Ciri Kerusakan LCD Laptop / Notebook :
Layar tidak tampil gambar, menyala tapi keluar garis-garis vertikal, tampak blok hitam, dan gambar tidak simetris / acak.
Solusi : coba cek dulu konektor ataupun soket-soket yg berhubungan dengan monitor

Ciri Kerusakan Keyboard Laptop / Notebook :
Beberapa tuts tidak berfungsi, keluar bunyi beep panjang pada saat laptop dinyalakan, cursor berjalan tidak stabil / bergerak sendiri.
Kerusakan yang lebih parah : biasanya konslet dan ini menyebabkan Laptop / Notebook setelah booting, restart-restart terus.  

Ciri Kerusakan Charger Laptop / Notebook :
Batere tidak mau di charge, tidak ada indikator masuk power, laptop di charge posisi hidup malah kemudian mati. Layar bergetar tidak stabil. 

Ciri Kerusakan DVD / CD room Laptop / Notebook :
Tidak mau membaca CD, indikator CD off. 

Ciri Kerusakan Hardisk Laptop / Notebook :
Loading data / System lambat, berbunyi tidak normal, tidak bisa masuk windows, belum sampai login windows sudah restart sendiri. 

Ciri Kerusakan Chipset / VGA Laptop / Notebook :
Layar tidak tampil, Layar Putih, garis garis warna tidak beraturan. 

Penjelasan di atas merupakan ciri-ciri kerusakan yang sering terjadi pada laptop / notebook secara hardware.

Sedangkan ciri-ciri kerusakan laptop / notebook secara software antara lain :
1. Tidak mau booting ke OS
2. Pada Loading awal desktop banyak informasi error
3. Proses Loading sangat Lambat
4. Tidak bisa membuka Aplikasi
5. Flasdisk Tidak bisa di baca
6. Folder Option pada Explorer Tidak bisa di buka
7. File regedit tidak bisa di eksekusi

Setidaknya dengan anda membaca tutorial IT Newbie ini sampai habis, anda dapat mengetahui kerusakan dan cara penanganannya, agar tidak newbie lagi tidak seperti blog ini yang masih saja newbie.

Bagaimana??
Rawatlah laptop/notebook anda jangan sampai ada kerusakan pada komponen dan yang lainnya.

Sekian..Semoga Bermanfaat.
Post a Comment